top of page
  • Writer's pictureliwordklelmontlidi

Materi Sejarah Kelas X Semester 2: Kajian Budaya, Ekonomi, dan Teknologi Manusia Praaksara Indonesia



Nah, hari ini penulis akan membagikan rangkuman materi Sejarah Indonesia kelas 10 K13 revisi khusus untuk kamu aja gengs. Harapannya, semoga di tahun ajaran yang baru ini kamu bisa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.


Sama seperti pembelajaran sewaktu SMP, di SMA pun setiap mata pelajaran akan dibagi ke dalam dua semester. Di semester pertama ini kamu akan mempelajari berbagai hal seputar asal mula sejarah sampai manusia purba guys.




Materi Sejarah Kelas X Semester 2.doc



Yap, dalam materi Sejarah Indonesia kelas 10 semester 1, kamu hanya menjumpai 1 materi aja gengs. Walaupun begitu, materi yang dibahas juga cukup banyak dan luas. Nah, di semester 2 ini juga terdiri dari dua bab aja kok. Bahkan mungkin pernah kamu pelajari sewaktu SMP dulu lho.


By the way, kali ini penulis juga ingin membagikan beberapa tips menghafal materi sejarah yang mungkin bisa membantumu untuk menghadapi ulangan sampai ujian. So, langsung simak ulasan di bawah ini ya gengs.


Next, tips menghafal materi sejarah berikutnya ialah membuat rangkuman seminggu sekali. Yuk coba kita bandingkan ya gengs. Lebih enak membuat rangkuman seminggu sekali atau belajar dari satu buku paket sehari atau seminggu sebelum ujian?


Yap, tentu lebih enak untuk membuat rangkuman seminggu sekali. Selain lebih santai, kamu juga bisa mengingat materi sejarah tanpa perlu repot-repot menghafal atau menggunakan SKS (Sistem Kebut Semalam).


Tips menghafal materi sejarah yang terakhir ialah membaca novel sejarah. To be honest, penulis menggunakan cara ini mulai dari SMP sampai SMA. Berhubung membaca juga memberikan banyak manfaat maka penulis mencoba untuk rajin-rajin membaca novel sejarah.


Nah, itu dia rangkuman materi Sejarah Indonesia kelas 10 K13 revisi beserta tips menghafal materi sejarah. Penulis harap, pelajaran ini ga hanya menjadi sampingan aja untuk dipelajari. Kalau bisa kamu memang sungguh-sungguh mempelajari materi ini, meskipun tidak memiliki impian untuk kuliah di jurusan sejarah.


Berikut adalah RPP Mata Pelajaran Sejarah Indonesia (Sejarah Wajib) kelas X, dengan model 1 lembar, Kelas X tingkat SMA / sederajat, materi mulai dari Konsep Dasar Sejarah, Kehidupan Manusia Praaksara, hingga Peradaban Awal Dunia.


Namun, nggak sedikit juga guru-guru yang ngasih soal PAT dari materi semester ganjil, lho. Ya, memang nggak banyak, sih. Tapi, alangkah baiknya setelah elo paham materi semester 2, elo flashback lagi materi semester 1.


Contoh pembahasan latihan soal PAT UKK Sejarah kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK kisi-kisi terbaru semester 2 kurikulum 2013 TA 2022 pada artikel ini diharapkan dapat membantu kalian dalam proses pemahaman materi lebih lanjut sehingga memiliki gambaran tentang soal ujian asli yang nanti akan diberikan.


Buku Prakarya dan Kewirausahaan kelas 10 semester 1 untuk SMA/MA/SMK/MAK merupakan buku yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan edisi revisi 2017. Buku ini terbagi kedalam empat peta materi diantaranya Kerajinan, Rekayasa, Budi daya, dan Pengolahan.


Sama seperti semester sebelumnya yang mencakup peta materi Kerajinan, Rekayasa, Budidaya, dan Pengolahan. Materi dalam buku prakarya kelas 10 semester 2 ini meliputi Wirausaha Kerajinan dengan Inspirasi Objek Budaya Lokal, Wirausaha Produk Grafika, Kewirausahaan Budidaya Tanaman Hias, dan Kewirausahaan Pengolahan Makanan Awetan Hewani. 2ff7e9595c


1 view0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page